Pages

Blogger News

.

Sunday, May 10, 2015

Pengertian Statistika

          Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara penyusunan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan mengenai suatu keseluruhan (yang disebut populasi) berdasarkan data yang ada pada bagian dari keseluruhan tadi atau yang disebut sampel (Budiyono, 2009: 2). Metode statistik adalah prosedur-prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis, dan penafsiran. (Ronald, 1995: 2)
      Metode statistika dibagi menjadi statistika diskriptif dan inferensia (induktif). Selanjutnya statistik inferensia dibedakan menjadi statistika parametris dan non parametris. Statistika diskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Statistika diskriptif digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu statistik hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (generalisasi/inferensi). Sedangkan statistika inferensia mencangkup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data induknya. Atau dengan kata lain statistika inferensia merupakan statistika yang mempelajari tata cara penarikan kesimpulan mengenai populasi berdasarkan data yang ada pada sampel. Penarikan kesimpulan mengenai populasi berdasarkan pada data sampel sering disebut generalisasi.
          Pada statistika inferensia dibedakan menjadi statistika parametris dan non parametris. Statistika parametris digunakan untuk menganalisis data interval dan rasio, yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan statistika non parametris digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas distribusi (jadi tidak harus normal).

No comments :

Post a Comment