Pages

Blogger News

.

Monday, May 11, 2015

Uji Satu Pihak Kanan


       Uji pihak kiri digunakan apabila: hipotesis nol (H0) berbunyi “kurang dari atau sama dengan ( )” dan hipotesis alternatifnya berbunyi “lebih besar (>)”, kata lebih besar atau sama dengan sama maknanya dengan “kata paling banyak atau paling besar”.
Contoh 4.6:
Menurut pengalaman beberapa tahun terakhir ini, pada ujian bahasa inggris standar yang diberikan kepada siswa-siswa SMU di Bojonegoro diperoleh rerata 74,5. Tahun ini dilaksanakan model baru untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris tersebut. Setelah model baru tersebut diterapkan secara random dari populasinya, diambil 200 siswa untuk dites dengan ujian bahasa inggris standar dan ternyata dari 200 siswa tersebut diperoleh rerata 75,9 dengan deviasi baku 8,0. Jika diambil α=5%, apakah dapat disimpulkan bahwa model baru tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris.
Solusi:
Perhatikan bahwa 74,5 dan 8 berturut-turut adalah rataan dan deviasi baku populasi. Berarti = 74,5 dan =8. Model baru tersebut dikatakan dapat meningkatkan kemampuan siswa apabila rerata yang baru melebihi rerata yang selama ini diperoleh, sehingga persoalan tersebut dikerjakan dengan cara berikut.
1. H0 = 74,5 (model baru tidak meningkatkan kemampuan siswa)
    H1 = 74,5 (model baru meningkatkan kemampuan siswa)
2. α=5%
3. statistik uji yang digunakan:

No comments :

Post a Comment