Pages

Blogger News

.

Sunday, May 10, 2015

Peran Statistika dalam Penelitian


       Pengujian secara empiris merupakan salah satu kegiatan dalam metode ilmiah. Pengujian hipotesis mengharuskan kita menarik kesimpulan yang bersifat umum dari kasus-kasus yang bersifat individual. Misalnya kita ingin mengetahui berapa proporsi mahasiswa di Kabupaten Bojonegoro yang putus sekolah, maka nilai proporsi siswa di Kabupaten Bojonegoro yang putus sekolah tersebut merupakan kesimpulan umum (tentunya yang berlaku di Kabupaten Bojonegoro) yang ditarik dari kasus-kasus individual di Kabupaten Bojonegoro.
          Peranan statistika dalam penelitian selain untuk penarikan kesimpulan guna digeneralisakan dari pengujian data sampel terhadap populasinya, menurut (Sugiyono, 2011: 21) adalah.
  1. Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Dengan demikian jumlah sampel yang diperlukan lebih dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian, maka harus diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu.
  3. Tehnik-tehnik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunikatif. Tehnikk-tehnik penyajian data ini antara lain; tabel, grafik, diagram lingkaran, dan pictogram
  4. Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistika yang digunakan antara lain; korelasi regresi, t-tes, anova, dll.

No comments :

Post a Comment